TMC HARENDONG

SELAMAT DATANG DI TMC KOMPUTER SIMPANG TIGA HARENDONG, DISINI TERSEDIA KURSUS, INTERNET, JASA PENGETIKAN, PRINT, PERCETAKAN UNDANGAN

Kamis, 28 Juli 2011

KEGIATAN SANLAT 1432 H

MATERI SANLAT

Sanlat Ramadhan

Pendidikan adalah suatu proses untuk merubah suatu keadaan tertentu menjuju suatu keadaan yang lebih baik daripada sebelumnya. Agama Islam sebagai agama yang memprioritaskan ilmu dan amal kebaikan, menjungjung tinggi proses kegiatan pendidikan ini untuk menjadikan seorang manusia menjadi manusia yang sempurna baik fisik maupun mental, terlebih pada Bulan Ramadhan ini.
Bulan Ramadhan merupakan bulan latihan untuk semua umat muslim untuk lebih meningkatkan kualitas dirinya, baik ilmu, mental maupun fisiknya. Sehingga setelah Ramadhan ini umat muslim kembali kepada fithrahnya semula, yaitu bersih dari segala kesalahan juga menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya sebagaimana proses metamorfosis atau “puasa”nya seekor ulat menjadi seekor kupu-kupu yang indah.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh rahmat, dan bulan pendidikan. Bulan yang tepat untuk membangkitkan keimanan dan ketakwaan. Dan juga bulan yang tepat untuk mencari ilmu sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang datang ke majelis ilmu di bulan Ramadhan niscaya pahalanya sama dengan satu tahun puasa sunah”, H. R Bukhari Muslim.
Hal ini juga terkait dengan Visi dan Misi SMP Al-Hadi sendiri yaitu PASTI (Pelopor, Akhlakul Karimah, Sukses, Tanggap dan Islami) yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Oleh karena itu, kami bermaksud mengadakan suatu kegiatan pemberian materi untuk menambah wawasan nilai-nilai keislaman yang mudah-mudahan dapat membentuk siswa-siswi yang bertaqwa dengan melibatkan guru-guru dan juga seluruh siswa-siswi MAN II melalui program yang dinamakan Pesantren Kilat Ramadhan.

Download Jadwal Kegitan Pesantren Ramadhan 1430 H SMP Al-Hadi click here




Surga

27 08 2009

Dalam Islam

Qur’an banyak bercerita tentang sebuah kehidupan setelah mati di surga untuk orang yang selalu berbuat baik. Surga itu sendiri sering di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du 13:35: Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.
Baca entri selengkapnya »



Hari Kiamat

27 08 2009
KEDAHSYATAN DAN KENGERIAN HARI KIAMAT

Abul-Laits dengan sanadnya meriwayatkan dari Aisyah r.a. berkata: “Saya tanya kepada Rasullullah s.a.w., Apakah yang cinta itu ingat pada kekasihnya pada hari kiamat?” Jawab Rasullullah s.a.w.: “Adapun ditiga tempat (masa) maka tidak ingat iaitu ketika ditimbang amal sehingga diketahui apakah ringan atau berat, ketika menerima lembaran catatan amal (suhuf) sehingga ia terima imma dari kanan atau dari kiri dan ketika keluar dari neraka ular naga lalu mengepung mereka dan berkata “Aku diserahi tiga macam: Orang mempersekutukan Allah s.w.t. dengan lain Tuhan, dan orang yang kejam, penentang, zalim dan orang yang tidak percaya pada hari kiamat (hisab), maka diringkus semua orang-orang yang tersebut itu lalu dilemparkan semuanya dalam neraka jahannam, dan diatas neraka jahannam itu ada jambatan yang lebih halus dari rambut dan lebih tajam dari pedang, sedang dikanan kirinya bantolan dan duri-duri, sedang orang-orang yang berjalan diatasnya ada yang bagaikan kilat, dan bagaikan angin kencang, maka ada yang selamat, dan ada yang luka terkena bantolan duri, dan ada yang terjerumus muka kedalam neraka.”



Keutamaan Ilmu



Barang siapa yang datang ke majelis ilmu di bulan Ramadhan niscaya pahalanya sama dengan satu tahun puasa sunah” HR. Bukhari Muslim
Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim, begitu Nabi bersabda.
“Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim.” (HR.Bukhari)
Baca entri selengkapnya »



Neraka


Neraka adalah tempat penyiksaan bagi mahluk Allah yang membangkang. Mereka adalah orang-orang yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari Rasulullah saw.
Kata neraka sering disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an dan jumlahnya sangat banyak sekali. Dalam bahasa Arab disebut naarالنار (ar)* (an-nār).
Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kokoh dan tertutup rapat. Itulah pejara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat.
Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk surga, setelah mereka di siksa sesuai dengan dosa-dosanya yang telah mereka perbuat.
Baca entri selengkapnya »



Hukum Yang Berkaitan Dengan Bulan Ramadhan


Pada bulan ramadhan ini banyak hal yang harus kita pelajari, agar kita bisa melaksanakan ibadah yang telah diwajibkan Allah kepada kita dengan baik dan benar… salah satunya adalah dengan mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengan bulan ramadhan ini…saya mendapatkan info yang bagus dari saudara kita yang membahas hal tersebut..
Menyambut Ramadhan, banyak acara digelar kaum muslimin. Di antara acara tersebut ada yang telah menjadi tradisi yang “wajib” dilakukan meski syariat tidak pernah memerintahkan untuk membuat berbagai acara tertentu menyambut datangnya bulan mulia tersebut.
Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari kewajiban puasa yang ditetapkan syariat yang ditujukan dalam rangka taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah k. Hukum puasa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa wajib terbagi menjadi 3: puasa Ramadhan, puasa kaffarah (puasa tebusan), dan puasa nadzar.
Baca entri selengkapnya »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar